Pasang Iklan

Jumat, 02 November 2012

Cara Mengakses Internet

Cara Mengakses Internet

Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini Pustaka sekolah akan share informasi mengneai cara-cara mengakses internet. Salah satu jasa ISP adalah layanan koneksi secara dial-up melalui sebuah modem. Protokol yang digunakan untuk koneksi ini adalah PPP (point to point protocol). Saat melakukan koneksi dial-up. menyambungkan komputer atau laptop dengan server milik ISP melalui saluran telepon. Akan tetapi untuk jasa ini diminta beban pulsa telepon ditambah layanan ISP.

Pelayanan jasa PT Telkom yang memberikan pelayanan jasa koneksi ke internet secara langsung atau instant tanpa pendaftaran terlebih dahulu. jasa PT Telkom ini, yaitu Telkomnet Instant sangat praktis karena biaya sambungan telepon ke internet sudah digabung menjadi satu. pada perkumpulan ISP di Indonesia dihimpun dalam wadah yang bernama APJII atau Asosiasi Penyelenggara jasa internet Indonesia dengan situsnya htttp://www.apjii.or.id/ . Adapun badan pengatur internet diseluruh dunia diatur oleh badan sebagai berikut:

Internet society (ISOC), merupakan badan yang bertanggung jawab untuk aplikasi tehnologi internet serta permasalahan politik dalam jaringan internet itu sendiri.
Internet Architecture Board (IAB), nerupakan badan yang bertanggung jawab untuk mengatur standarisasi internet, misalnya dalam pengaturan penomoran protocol IP. Internet engineering task force (IETF) merupakan badan yang bertanggung jawab untuk standar-standar internet, misalnya aplikasi, routing dan addreaing serta keamanan komputer.
Internet Research Task Force (IRTF) merupakan badan yang bertanggung jawab untuk penelitian-penelitian internet jangka panjang.
Berikut ini cara menghubungkan diri dengan ISP dengan memakai windows XP:

Klik start-My network olaces properties. klik create a new conection. Kemudian muncul New colennection wizard klik next
setelah itu muncul kotak dialog, cari dan klik connect to the internet.Kemudian klik next;
pilih set up my connection manually, kemudian klik next;
klik connect using a dial-up modem. Kemudian klik next;
masukkan nama ISP-nya, misalnya pustakers. kemudian klik next, masukkan pula nomor dial-up telepon ISP. Misalnya, tanpa menuliskan kode area, klik 4210233.kemudian klik next;
Masukkan username dan password-nya, kemudian klik next; Setelah itu proses setting selesai. klik Finish.
Akses Internet menggunakan ISP

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini segala hal bisa diperoleh gratis dari internet! Setelah beberapa saat berselancar (surfing) di internet, anda akan segera mendapati kenyataan bahwa tidak hanya lautan informasi serta ribuan software saja yang bisa diperoleh gratis, melainkan juga berbagai macam materi bersifat fisik seperti majalah, CD-ROM, CD-Musik, kaset tape, kaset video, buku-buku, kaos, stiker, brosur, peta, kartu-kartu ucapan, alat-alat permainan, sampai contoh-contoh produk baru seperti parfum, sabun, pewarna rambut dan bahkan uang dolar! Syaratnya hanya satu, Anda telah terhubung ke internet.

untuk bisa mengakses internet melalui penyedia layanan internet (ISP-Internet Service Provider) saja, anda harus mengucurkan uang untuk membayar biaya pendaftaran, membayar uang bulanan serta membayar uang kelebihan jam koneksi. Ditambah lagi anda juga harus membayar uang pulsa telepon (plus abondemennya). Tetapi sekarang, anda tidak perlu serepot itu. Mungkin anda tidak percaya, tetapi inilah kenyataannya!.

Kini anda bisa mengakses internet melalui ISP-G (ISP-Gratis); yang dipelopori oleh Telkom Net Instan; dari rumah anda kapanpun anda inginkan. anda hanya perlu membayar pulsa telepon ke TELKOM Rp. 110,- s/d Rp. 160,- per menit. anda tidak perlu repot melakukan kontrak langganan untuk mendaftar ke ISP, tidak perlu membayar uang bulanan ke ISP dan tidak perlu lagi membayar biaya koneksi kelebihan jam.
Koneksi internet dari TELKOM sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru
digratiskan sejak bulan September 1999. TelkomNet Instan menggunakan Gateway langsung dari Amerika Serikat. Kecepatan koneksi yang bisa diperoleh oleh user berkisar antara 43 Kbps sampai 56 Kbps.Selain TelkomNet Instan, sebenarnya ada lagi ISP-G lain, yaitu LinkNet.[ps]

0 komentar:

Posting Komentar