Pasang Iklan

Selasa, 06 November 2012

Tips Mudah Mengusir Lalat Secara Alami

Tips Mudah Mengusir Lalat Secara Alami

. Tips Mudah Mengusir Lalat Secara Alami-Keberadaan lalat rumah memang sangat mengganggu, baik secara kesehatan maupun kenyamanan. Seperti diketahui lalat seringkali hinggap dan bertelur di makanan, yang sebelumnya lalat hinggap di tempat-tempat yang kotor dan membawa bibit penyakit dari tempat tersebut.



Lalat rumah memang biasanya muncul karena tempat yang kurang bersih maupun karena mencium aroma yang mereka sukai. Namun satu hal yang unik dari lalat kalau kita amati adalah kemunculannya yang seperti jam kerja manusia, biasanya lalat mulai muncul pada pagi hari dan sore hari sudah lenyap entah kemana. Malam hari jarang sekali ada lalat berkeliaran kecuali yang terperangkap cahaya listrik.

Ada beberapa cara untuk mengusir lalat rumah -perlu diperhatikan di sini mengusir bukanlah membunuh lalat- karena sekali lalat dibunuh, lain hari akan muncul lagi lalat yang lain. Kalau sekedar untuk membunuh lalat ini banyak hal yang bisa dilakukan antara lain:
semprotkan desinfektan
metode ini efektif untuk membunuh lalat namun kurang ramah terhadap linkungan karena kandungan bahan kimia bahkan bisa berakibat terhadap manusia.
Gunakan lem lalat
cara ini lebih ramah lingkungan dibanding metode di atas, karena hanya menggunakan lembaran kertas yang sudah diberi lem khusus dan aroma untuk memancing lalat mendekat.
Perangkap elektrik
dengan alat ini lalat akan terperangkap ke dalam tabung dan akan terkena sengatan listrik pada alat ini, lalat pun akan langsung mati. Alat ini biasanya menggunakan sinar ultra violet untuk mengundang lalat masuk ke perangkap.

Dengan membunuh lalat sebenarnya tidak efektif untuk mengusir lalat dari rumah, karena hanya akan menghilangkan sesaat saja. Hal yang lebih efektif adalah dengan mengusir lalat dari rumah kita, beberapa cara yang bisa dilakukan dan bahkan hal-hal ini dengan metode yang alami sehingga tidak akan menimbulkan dampak negatif.

Beberapa cara mengusir lalat rumah secara alami adalah:



1. Nyalakan lilin
Lalat tidak mau mendekat dengan lilin yang menyala karena panasnya dan kilatan cahaya dari api yang tidak disukai lalat. Taruh lilin di tempat-tempat yang dihinggapi lalat.

2. Gantungkan plastik bening berisi air putih
Cara ini banyak dilakukan rumah makan padang untuk mengusir lalat dan ternyata efektif.

3. Nyalakan kipas angin
Udara yang sirkulasinya baik membuat lalat tidak betah berlama-lama.

4. Gunakan wewangian alami
Wangi-wangian yang tidak disukai lalat maupun serangga pada umumnya antara lain: Cengkeh, Daun Pandan, Lavender. Taruhlah bahan-bahan tersebut di tempat lalat biasanya hinggap. Untuk memunculkan aroma yang kuat pada Pandan, irislah tipis-tipis daun pandan agar aromanya keluar, sedangkan untuk Cengkeh padukan dengan apel, caranya irislah apel yang sudah matang menjadi dua bagian dan tancapkan merata cengkeh pada irisan apel dan taruh pada tempat yang dikehendaki, niscaya lalat pun akan enggan mendekat.

Hal yang perlu diperhatikan adalah sifat lalat yang suka hinggap di tempat sampah dan kotoran, untuk mengatisipasi lalat hendaknya selalu jagalah kebersihan tempat, tutup tempat sampah dan hindarkan dari aroma-aroma yang tidak enak dari ruangan. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar