Rabu, 07 November 2012

10 Bangunan Yang Berbentuk Aneh Di Dunia

10 Bangunan Yang Berbentuk Aneh Di Dunia


Shobat sebagai seorang manusia, makhluk terbaik ciptaan Tuhan kita di anugrahi dengan berbagai kecerdasan dan kemampuan yang tidak dimiliki oleh makhluk lain. Salah satunya adalah seni dalam membuat bangunan.Walaupun ada beberapa binatang yang mampu membuat bangunan, tapi mereka tidak bisa membuat inovasi yang baru. Sedangkan kita manusia selalu memberikan inovasi dalam sebuah bangunan yang baru. Dan inilah 10 Bangunan Terunik di Dunia sebagai bukti kehebatan manusia.

1. The Hashtag Tower (Seoul, Korea Selatan)


Arsitek terkenal dari Denmark telah merancang apartemen menara kompleks yang terlihat seperti hashtag. Palang # Towers yg tiga dimensi berbentuk horisontal dan vertikal menara. Tiga jembatan menghubungkan dua publik ramping menara di berbagai tingkat. Volume yang dihasilkan membentuk bentuk yg baru dari kaki langit kota Seoul, sebuah "#" yang berfungsi sebagai pintu gerbang ke Yongsan Business District.

2. Elephant Building (Bangkok, Thailand)


Gedung Gajah ini berada di Bangkok, Thailand. Dirancang oleh Sumet Jumsai dan selesai pada tahun 1997.

3. Ren Building (Sanghai, China)


Gedung Ren desain oleh PLOT. Proyek ini merupakan proposal untuk sebuah hotel, pusat olahraga dan pusat konferensi untuk World Expo 2010 di Shanghai. Gedung itu dibuat dua bangunan yg di gabung menjadi satu. Bangunan pertama ditujukan untuk olahraga dan pusat budaya. Bangunan kedua, untuk pusat konferensi dan pertemuan fasilitas. Dua bangunan ini digabungkan untuk pertumuan di sebuah hotel 1000 ruangan. Bangunan ini menjadi simbol Cina untuk "Rakyat", dan dikenal penting bagi World Expo di Cina.

4. Swastika Building (California, U.S.A)


Bangunan Ini merupakan pusat dari US Navy di San Diego, CA yang sengaja dibangun berbentuk swastika. sekarang bentuk bangunan telah berubah karena kegemparan publik, dan Angkatan Laut menghabiskan $ 600.000 untuk mengubah bentuk bangunan ini.

5. Wing Shape Zayed National Museum (Uni Emirat Arab)


Bangunan berbentuk sayap ini merupakan Museum Nasional Zayed yg dirancang oleh Foster + Partners yg terletak di Saadiyat Island, Abu Dhabi, UEA, dan akan menjadi museum pertama yg selesai dipulau itu untuk menampilkan sejarah, budaya, dll.Museum ini memiliki lima sayap- berbentuk menara yang menonjol. Menara itu berfungsi sebagai cerobong termal dan menarik arus pendingin melalui museum tanpa arus listrik. Udara segar ditangkap dan ditarik melalui pendinginan pipa bawah tanah dan kemudian dilepaskan ke dalam museum. Saat menara memanas di bagian atas, udara ditarik secara vertikal melalui termal, yang kemudian mendorong keluar dari ventilasi udara.

6. Dancing Building (Republik Ceko)


Gedung Menari, alias Dancing Building, adalah arsitektur karya pusat kota Praha. Hal ini dilihat karena bentuknya. Nama aslinya adalah Fred dan Jahe (setelah Fred Astaire dan Ginger Rogers) karena menyerupai sepasang penari. Gedung ini dirancang pada tahun 1992 oleh Kroasia-arsitek Ceko Vlado Milunic dan selesai pada tahun 1996.

7. "COR" Building (Miami, Florida, U.S.A)


Sebuah kolabori dari Chad Oppenheim arsitektur + desain, konsultan energi Buro Happold, dan struktural insinyur Ysreal Seinuk, telah mendesain gedung "COR" yg akan menggabungkan perumahan dan komersial ruangan hijau, mengintegrasikan teknologi termasuk turbin, panel fotovoltaik, dan generasi air panas matahari. Bangunan Exoskeleton ini sangat hiper-efisien yang menyediakan massa termal untuk isolasi, keteduhan bagi warga, dan arsitektur elemen seperti teras dan armatures yang didukung dgn turbin. Dengan tujuan untuk menarik kreatifitas dan desain berorientasi bisnis dan profesional, fitur interior COR sangat ramping, komersial dan nyaman utk perumahan mulai dari $ 400,000 s/d $ 2 juta. Setiap Unit perumahan akan mencakup Star Energy, peralatan, didaur ulang dgn kaca ubin lantai, dan bambu- berjajar lorong-lorong. Secara total, COR akan menjadi tuan rumah dari 113 perumahan unit. 100 kaki persegi ruangan kantor, dan 5.400 persegi kaki ruangan ritel (yang sudah termasuk kafe dan toko mebel).

8. Wood Skyscraper (Vancouver)


Gagasan yang tampaknya radikal utk membangun gedung pencakar langit dari kayu tidak begitu aneh, sebagai arsitek Michael Green telah menunjukannya. karena dua keuntungan utama bahwa kayu lebih ramah lingkungan dan hemat biaya dari beton dan baja. Pohon merupakan sumber daya terbarukan, dan mereka membantu mengurangi polusi udara dianggap lebih ramah lingkungan, menurut CNN. Tidak seperti beton-yang memproduksi sekitar 6-9kg karbon dioksida untuk setiap 10 kg beton-kayu mengisap karbon keluar dari atmosfer.

9. Coin Building (Abu Dhabi,Uni Emirat Arab)



Dirancang oleh MZ Arsitek dan dibuka pada 2010. Bangunan berbentuk koin adalah pencakar langit pertama didunia yang berbentuk koin.

10. Egg Building (China)


Struktur indah ini dikenal sebagai "The Egg" adalah pusat dari China Nasional untuk Performing Arts. kubah bangunan ini sengaja berbentuk seperti terendam dalam air dan berisi Opera House, Concert Hall, dan Theater. Hebatnya, bangunan ini sama besarnya dan sangat menarik di bawah permukaan air. "Egg" terdapat rumah dibagian koridor bawah air, sebuah garasi bawah air, dan bahkan danau buatan. Struktur ini telah mengambil selama lima tahun untuk membangun bangunan gedung ini.

0 komentar:

Poskan Komentar