Pasang Iklan

Minggu, 04 November 2012

7 Virus Komputer Yang Berbahaya

Kali Ini blog Independent akan Mengenalkan nama-nama dan Sipat Virus komputer- yang memiliki kemampuan untuk merusak file atau merusak sistem komputer. Virus memiliki berbagai nama / jenis dan mempunyai cara kerja yang berbeda-beda,

Virus Komputer

Berikut nama / Jenis-jenis virus dan cara kerja masing-masing virus :
  1. Virus File
    Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi aplikasi atau dokumen yang ada dalam komputer anda. Saat aplikasi yang terinfeksi tersebut dijalankan, maka virus ini akan menyebar dengan cara menginfeksi semua file atau dokumen yang diakses oleh aplikasi tersebut.

  2. Virus Boot Sector
    Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi boot sector harddisk (boot sector merupakan sebuah daerah dalam hardisk yang pertama kali diakses saat komputer dihidupkan). Jika virus boot sector ini aktif, pengguna tidak akan bisa membooting komputernya secara normal.

  3. Virus E-mail
    Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menyebar melalui e-mail (biasanya dalam bentuk file lampiran/attachment). Virus memiliki ciri khusus berupa ekstensi .scr, .exe, .pif, atau .bat.
    Apabila Virus ini aktif, maka dia akan mengirimkan dirinya sendiri ke berbagai nama alamat e-mail yang terdapat dalam buku alamat pengguna.

  4. Virus Multipartite
    Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi file-file komputer sekaligus boot sector pada harddisk. Virus jenis ini akan menimbulkan banyak masalah karena menyebabkan kerusakan yang fatal.

  5. Virus Polimorfis
    Virus ini mempunyai cara kerja yang unik yaitu virus ini dapat mengubah kode dirinya (berganti wujud) saat menyebarkan diri ke komputer lain.
    Virus jenis lebih sulit dideteksi karena mempunyai sifat seperti itu.

  6. Virus Siluman (stealth virus)
    Virus ini mempunyai cara kerja yaitu dia mampu Menyembunyikan dirinya dengan cara membuat sebuah file yang terinfeksi seolah-olah file tersebut tidak terinfeksi.

  7. Virus Makro
    Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi Aplikasi Microsoft Office, seperti Word dan Excel.
    Biasanya Dokumen yang terinfeksi oleh Virus Makro akan memodifikasi perintah yang ada di Microsoft Office seperti perintah “Save” untuk menyebarkan dirinya saat perintah tersebut dijalankan.

0 komentar:

Posting Komentar