Pasang Iklan

Sabtu, 03 November 2012

Cara Melindungi dan Menghindari Wajah dari Komedo


Cara Menghilangkan Komedo yang Membandel
Bagi anda yang masih remaja (terutama untuk kaum hawa), tampil cantik, bersih dan kelihatan berseri seri di hadapan orang tersayang adalah impian dan harapan hati. Bisa dibayangkan misalnya anda membuat janji bertemu sang Idola, tiba-tiba ketika bercermin merias diri, anda melihat wajah cantik anda terganggu karena Komedo?? Tentu hal itu membuat anda menjadi frustasi atau bahkan membatalkan janji bertemu pasangan / Pujaan hati.

Memang sih, Komedo itu bukan penyakit berbahaya yang bisa dibilang “mengancam” keselamatan atau sejenis penyakit berat lainnya, tapi berdasarkan survey, komedo ternyata bisa membunuh rasa percaya diri lho…. Bagaimana dengan anda??.
Baiklah, sebelum lanjut ke point dari cara menghilangkan komedo, ada baiknya kita kenalan dulu sama Komedo :
PENGERTIAN & JENIS JENIS KOMEDO

Komedo adalah kotoran yang menyumbat pori pori kulit di wajah, bintik bintik kecil di sekitaran permukaan lapisan wajah yang timbul / disebabkan oleh cuaca, debu atau penumpukan minyak yang berlebihan (sebum) atau juga karena penumpukan sel kulit mati.

Secara garis besar, Komedo itu sendiri di definisikan menjadi 2 jenis, yakni :
Komedo Blackhead. Komedo jenis ini bisa juga disebut komedo terbuka, karena sangat tampak di permukaan kulit wajah. Kalo sekilas di perhatikan, komedo jenis ini tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Warna kehitaman yang ditimbulkannya disebabkan karena teroksidasi oleh udara yang kotor.
Komedo Whitehead. Kalau komedo yang satu ini termasuk komedo yang sedikit “bersahabat” karena berada di balik lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran atau lemak, hanya berupa benjolan – benjolan kecil di bawah kulit dan tidak terlalu tampak. Komedo jenis ini disebut juga komedo tertutup.

Artikel artikel yang membahas tentang Cara menghilangkan Komedo ini mungkin sudah pernah anda baca sebelumnya, tapi saya akan coba merangkum beberapa tips tersebut menjadi bebapa point dibawah ini..
Cara Menghilangkan Komedo
Untuk yang langganan Komedo (Sering mengalami), coba batasi diri anda untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan ini : cokelat, susu cokelat, telur, durian, kacang tanah, alpukat, kacang mete, keju, krim bubuk ,mangga matang, segala jenis susu (full cream, low atau non fat), santan, gorengan, kerang dan daging berlemak.

Buatlah masker pembersih komedo menggunakan campuran air jeruk nipis, minyak Almond dan Gliserin. Oleskan ke bagian wajah dan diamkan beberapa menit, hal ini juga bisa untuk menghilangkan noda hitam pada wajah bekas komedo maupun jerawat.

Pilihlah pembersih yang cocok untuk jenis kulit wajah anda, carilah pembersih wajah yang bisa membuat kulit wajah anda benar-benar bersih, segar, dan berseri. Beri tenggang waktu selama sebulan untuk mencoba efektivitas dan keampuhan pembersih yang Anda gunakan sebelum pindah ke produk merk lain.

Membersihkan Komedi menggunakan Lidah buaya. Caranya gampang, patahkan beberapa batang / daun lidah buaya lalu oleskan lendirnya yang berwarna jernih tersebut ke seluruh permukaan wajah yang berkomedo.

Membersihkan komedo menggunakan Es batu, Caranya anda hanya perlu mengoleskan atau menempelkan bongkahan es batu tersebut di sekitar area wajah yang terkena komedo sampai 10 menit.

Kulit Jeruk ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo, dengan cara kulit jeruk tersebut kita basahkan / beri sedikit air, kemudian tempelkan di wajah anda yang ada komedonya, tehnik ini bisa dilakukan sebelum tidur. Untuk lebih meyakinkan, diamkan kulit jeruk tersebut menempel di Komedo tersebut sampai anda terbangun esok hari.

Komedo juga bisa diatasi dengan Putih telur, caranya: Campurkan sebutir putih telur dengan 1 sendok teh madu alami. Aduk Sampai benar benar rata dan oleskan pada wajah. Tunggu sampai mengering. Untuk menghilangkan bekas telur tersebut anda bisa mencuci muka dengan air hangat. Tips ini lebih baik digunakan sebelum tidur…

Facial adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan komedo di wajah secara tuntas. Biasakan melakukan facial secara berkala dan setelah masa Menstruasi. Ini bertujuan menghindari terjadinya perubahan hormon dan kelenjar Sebasia selama masa menstruasi yang memproduksi minyak lebih banyak.

Cara Melindungi dan Menghindari Wajah dari Komedo

Gantilah sarung bantal anda secara rutin dan sesering mungkin, karena ketika tidur biasanya minyak yang keluar dari pori-pori wajah akan menempel pada sarung bantal

Lakukan Spa Manual untuk Wajah. Caranya adalah dengan memberikan wajah anda uap setidaknya 1x seminggu. Tempatkan wajah di atas mangkuk atau media lain yang sejenis yang berisi air mendidih agar uap air tersebut dapat menyentuh / terasa di wajah anda.

Biasakan untuk menggunakan handuk yang berbeda antara handuk Mandi / tubuh dengan handuk wajah.
Lulur secara teratur juga menjadi salah satu pilihan cara menghindari Komedo yang sering menggangu wajah anda, karena dengan melakukan luluran, selain mengencangkan pori pori kulit juga bisa mencerahkan kulit dan mencegah Komedo menghampiri anda. Untuk tipikal kulit berminyak, sebaiknya pergunakanlah masker khusus yang bahannya dari tanah liat untuk mengurangi minyak di dalam pori pori kulit wajah. Lebih baik lagi kalau anda memilih masker yang tidak ada kandungan tambahan aromanya.

Pelembab yang salah juga bisa menjadi penyebab timbulnya Komedo. Sebaiknya anda memilih pelembab yang tepat. Untuk kulit normal dan berminyak, gunakan pelembab oil free.
Sebisa mungkin hindarilah menggunaan kosmetik yang berbentuk cream atau minyak yang mengandung minyak berlebihan.

Sebelum membeli Produk Pembersih Wajah, Kenali dulu tipikal atau jenis kulit anda. Biasanya, komedo akan lebih mudah muncul pada kulit wajah yang berminyak. Dengan menganalisa jenis kulit, Anda bisa lebih gampang memilih produk pembersih wajah yang sesuai untuk wajah anda.

Terapkan pola Hidup Sehat dalam kehidupan sehari hari anda. Makan teratur, cukup gizi, cukup tidur / istirahat dan hindari stres. Mungkin Hal ini terdengar sedikit klise, namun coba terapkan kebiasaan ini dalam keseharian anda dan lihat hasilnya.

Sebisa mungkin hindarilah produk Comedogenic. Ada beberapa produk lain yang ternyata juga bisa menyebabkan komedo, diantaranya : bedak padat, susu pembersih, alas bedak, tabir surya, shampo yang mengandung ginseng, maupun kondisioner. Perlu untuk anda ketahui, bedak padat merupakan produk yang mengandung zat Comedogenic paling tinggi diantara produk kecantikan lainnya. Sehingga penggunaan bedak padat terlalu lama tidak hanya menimbulkan komedo di wajah, tetapi juga jerawat.

Memperbanyak konsumsi makanan bergizi dengan kandungan minyak yang rendah (seperti sayur dan buah) serta sering minum air putih juga bisa menghilangkan dan mencegah komedo secara alami.
Sebelum tidur, sempatkan dulu untuk melembabkan wajah selama kurang lebih 10 menit dengat menempelkan kain basah yang hangat, berfungsi mengangkat sel sel kulit mati dan kotoran pada wajah anda.

0 komentar:

Posting Komentar